Kerahiman Tuhan (Lukas bab 15)

Perumpamaan-perumpamaan yang terdapat dalam Lukas bab 15, semuanya tentang kerahiman Tuhan. Hidup kita akan berubah dan dengan demikian dunia kita pun akan berubah sekiranya kerahiman Tuhan itu kita hayati dan nyata dalam hidup kita sehari-hari. Hidup kita akan seperti akhir dari setiap perumpamaan itu yaitu berpesta yang artinya penuh dengan suka cita, dengan kegembiraan, Kita tidak akan selalu dirundung oleh rasa salah, rasa tak pantas dihadapan Tuhan, tetapi rasa syukur karena kerahiman Tuhan.

Kerahiman Tuhan itu gratis, tidak bersyarat. Kerahiman Tuhan itu dapat digambarkan dalam hubungannya antara anak dan orang tua. Meskipun bagaimana nakalnya seorang anak, orang tua tidak akan meninggalkannya, menolaknya atau membencinya. Orang tua malah berusaha untuk membantu anak itu keluar dari masalahnya, melindunginya dari masalah yang lebih berat. Dan orang tua akan melakukan apa saja untuk anaknya supaya ia tetap aman dan merasa dicintai.

Ketika kita menghayati kerahiman Tuhan itu, kita tidak akan mudah menghakimi dan menolak orang-orang yang kita kategorikan tidak bermoral dan tidak beragama.

Ketika kita menghayati kerahiman Tuhan itu, kita akan mudah mengampuni orang lain.

Kerahiman Tuhan itu membuat orang tidak terlalu peduli sama urusan moral dan agama. Ia melampaui apa yang digariskan oleh peraturan-peraturan agama bahkan moral masyarakat, terlebih adat istiadat. Mereka akan makan dan minum pada bulan puasa. Mereka mungkin sedikit berdoa. Mereka mungkin bahan gosip yang murah dan enak karena hidup mereka yang tidak bermoral menurut pandangan agama dan masyarakat. Mereka akan makan dan minum apa yang diharamkan oleh agama. Mereka tidak pusing dengan soal haram dan halal, soal najis dan tidak najis. Mereka tahu Tuhan tidak terlalu mempersoalkan hal-hal itu. Yang Tuhan inginkan adalah engkau bahagia, hatimu gembira, dan hidupmu nikmat.

Jika kita menghayati kerahiman Tuhan, hidup kita akan santai, ringan, penuh dengan kebebasan dan kegembiraan. Amin.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.